» » » “White Winter Truffle” Jamur Termahal Di Dunia! Berapa Rekor Harganya?

“White Winter Truffle” Jamur Termahal Di Dunia! Berapa Rekor Harganya?

Penulis By on Wednesday, 28 September 2016 | No comments



White Winter Truffle merupakan sebuah jamur yang bisa dimakan atau layak konsumsi. Jamur ini bisa berasal dari produk pertanian atau ditemukan di alam liar. Jamur ini termasuk dalam jenis jamur truffels.

Dilansir TribunTravel.com dari Kidnesia, ada empat jenis truffels yaitu white winter truffle, black winter truffel, white summer truffel, dan black summer truffel. Namun di antara jenis truffels tersebut, White Winter Truffle jadi yang termahal. 

Rekor termahal untuk 1,51 kg jamur truffels dihargai hingga 160 ribu dolar Amerika atau setara dengan Rp 1,44 miliar. Kira-kira kamu tau nggak guys, kenapa jamur ini bisa semahal itu? Jamur ini mahal karena sangat langka dan hanya ditemukan di musim gugur hingga pertengahan musim dingin. Selain itu, white winter truffle hanya tumbuh di dekat pohon oak, chestnut atau hazel. Jamur truffels biasa dicari oleh babi dan anjing yang sudah terlatih. 

Anjing dan babi biasa dikerahkan untuk melacak bau jamur yang berada di kedalaman 5 hingga 40 cm di bawah tanah. Jamur ini bisa seperti berlian karena saat ditemukan tampak kotor dan tidak spesial. Namun, setelah dibersihkan dan dipotong akan nampak 'berkilau' bagai berlian di dapur. Daging jamur ini tampak putih bersih dengan wangi yang lezat. Jangan penasaran ya guys, harganya memang tidak pas untuk sebuah jamur.


Sumber : travel.tribunnews.com
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya