» » Berbagai Kata “Jalan” di Amerika Dan Perbedaannya

Berbagai Kata “Jalan” di Amerika Dan Perbedaannya

Penulis By on Tuesday, 4 October 2016 | No comments


Dalam bahasa Indonesia, street dan road memiliki arti yang sama, yaitu “jalan” jika kalian translate menggunakan Google Translator. Namun tahukah kalian bahwa di Amerika yang namanya jalan bisa bermacam-macam. Kalian akan menemukan istilah avenue, boulevard, terrace, dll selain street dan road. Memang kalau dalam percakapan sehari-hari, istilah street sangat sering dipergunakan. Nah, yang lebih khas lagi, jika menuliskan alamat, mereka biasanya menyingkat istilah tersebut seperti St. untuk singkatan street, Ave. untuk avenue, dan lain-lain. Penulisan ini sebenarnya tidak memiliki aturan baku, melainkan seperti kebiasaan saja. Kalau betul-betul dipahami, penamaan jalan yang berbeda ini justru akan memudahkan warganya untuk mengidentifikasi jenis jalan.

Avenue (Ave)

Penamaan Avenue di Amerika digunakan ketika jika kita merujuk ke sebuah jalan utama di kota besar. Seperti misalnya nama jalan Pennsylvania Avenue di Washington DC. Jalan lurus ini terdiri dari 2 arah berlawanan dan di masing-masing tepi jalan biasanya terdapat pepohonan, tanpa tempat untuk parkir. Di New York, avenue digunakan untuk nama jalan yang melintasi arah utara-selatan, misalnya Fifth Avenue.

Street (St)

Penamaan street digunakan untuk jalan besar dua arah yang sering digunakan di perkotaan, biasanya jalan dengan nama street ini memiliki trotoar yang lebar dan dikelilingi oleh perumahan atau gedung-gedung. Di New York, Minneapolis, dan Seattle istilah street digunakan untuk jalan yang melintasi arah timur-barat.

Road (Rd)

Jika jalan yang kalian temui itu cukup besar dengan lalu lintas yang ramai, atau jalan penghubung dua kota yang menghubungkan antar kota kecil, namanya cukup Road, misalnya River Road


Boulevard (Blvd)

Melewati sebuah kompleks perumahan, tentu sebutan jalan yang digunakan juga pasti berbeda. Boulevard biasanya jalan untuk perumahan mewah. Ini juga nggak selalu begitu, tergantung kebiasaan. Artinya sah saja kalau perumahan kecil memakai nama Boulevard. Ciri-ciri Boulevard yaitu jalan besar yang terdiri dari 2 arah berlawanan dan masing-masing arah memiliki beberapa jalur, rata-rata 2 jalur; diantara 2 arah tersebut terdapat taman kecil dengan pepohonan. Di pinggir jalan tersebut biasanya diperbolehkan untuk parkir. Truk berkapasitas 5 ton lebih biasanya tidak diperbolehkan lewat.

High Way

Kalau jalan antar kota disebut High Way. Jalan jenis ini sesungguhnya terbagi dua, yang pertama jalur timur-barat atau barat-timur. Nama jalur ini selalu mengunakan angka genap misal, High Way 76, yang berarti menghubungkan antara Philadelphia dan Pittsburg.
 
Sementara yang satu lagi adalah High Way yang menghubungkan utara-selatan atau sebaliknya. Jalur ini pasti diberi angka ganjil, misalnya High Way 95, yang menghubungkan Miami dan New York di pantai timur.
 
Pemberian nama jalan memudahkan pengguna jalan untuk mengidentifikasi pengguna jalan kalau tersesat. Kalau plang yang kita lihat namanya 76 East, berarti kita menuju timur. Kalau 76 West berarti kita menuju barat. Lihat, angkanya sama-sama genap bukan? Sedangkan kalau 95 South, artinya kita mengarah ke selatan menuju Texas hingga Meksiko. Sementara kalau kalau 95 North, bisa mencapai Montana lalu ke Kanada.


Sumber : kaskus.co.id (ID linoleum123)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya