Download Film Streaming
» » Ada Yang Belum Tau Pisang MERAH? Ini Dia 7 Manfaat Pisang Merah bagi Kesehatan

Ada Yang Belum Tau Pisang MERAH? Ini Dia 7 Manfaat Pisang Merah bagi Kesehatan

Penulis By on Thursday, 24 November 2016 | No comments

  Makan pisang merah menurunkan berat badan (Foto: Healthyfoodstyle)

Bingkai News - Pernah tahu buah pisang merah? Jenis pisang satu ini memang tidak begitu familiar di Tanah Air. Namun perlu diketahui bahwa bila rutin mengonsumsi pisang merah, maka banyak manfaat yang bisa dirasakan. Buah pisang merah kaya akan vitamin dan nutrisi penting. 

Tak ayal di beberapa negara seperti Sri Lanka dan sekitarnya buah pisang merah dibanderol cukup mahal. Mau tahu apa saja manfaat dari pisang merah? Yuk simak ulasan berikut ini seperti dikutip Stylecraze, Kamis (24/11/2016). 

Kesehatan mata
Pisang merah mengandung banyak nutrisi penting, termasuk vitamin A yang larut dalam lemak dan baik untuk kesehatan mata.

Kesehatan sistem pencernaan
Lain hal dengan pisang biasa, pisang merah lebih banyak mengandung serat. Dengan rutin mengonsumsi pisang merah maka dapat mengindari gangguan sistem pencernaan, seperti penyakit usus kronis hingga sembelit, mengontrol berat badan dan aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2.

Meningkatkan daya tahan tubuh 
Selain serat, pisang merah juga mengandung banyak vitamin C, yang merupakan antioksidan sehingga khasiatnya mampu mengurangi risiko kanker dan serangan jantung. Vitamin C juga dapat berperan dalam peningkatan daya tahan tubuh dan memperbaiki metabolisme.

Mengurangi berat badan
Dibandingkan buah-buahan lain, pisang merah mengandung lebih sediki kalori. Ketika menjalani program penurunan berat badan, buah pisang merah cocok dimasukkan ke dalam menu diet sehari-hari. Satu buahnya hanya mengandung sekira 90 kalori, sedangkan ketika disantap akan memberi rasa kenyang lebih lama. 

Menambah darah 
Bagi pasien anemia atau kekurangan darah, buah pisang merah bisa jadi asupan tepat. Pasalnya buah ini kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan jumlah hemoglobin. Kemudian terdapat vitamin B6 yang penting untuk metabolisme protein dan sel darah merah di dalam tubuh.

Ekstra energi 
Pisang merah dapat mengkonversi gula alami menjadi energi tambahan. Pisang merah baik dikonsumsi anak-anak saat sarapan, pasalnya mereka butuh energi lebih banyak untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Berhenti merokok 
Mau berhenti merokok jangan cuma modal niat.  Berhenti merokok akan lebih mudah dengan rutin konsumsi pisang merah. Buah ini mengandung banyak vitamin C, B6, kalium dan magnesium yang dapat membantu melawan keinginan merokok atau candu nikotin di dalam tubuh. Selebihnya, terapkan kontrol diri dan konsultasi ke dokter jika perlu.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya