Download Film Streaming
» » Operasi Zebra 2016 Sekaligus Uji Coba Sistem e-Tilang

Operasi Zebra 2016 Sekaligus Uji Coba Sistem e-Tilang

Penulis By on Thursday, 24 November 2016 | No comments

Uji coba sistem e-Tilang ini dimaksudkan untuk menjauhkan anggota kepolisian dari tindak pungutan liar (pungli) saat bertugas di lapangan.


Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo mengatakan, Operasi Terpusat Zebra 2016 selain untuk menjaga keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas). Sekaligus untuk mengujicobakan sistem tilang elektronik (e-Tilang). "Masyarakat perlu mengetahui bahwa Operasi Zebra ini dilakukan sekaligus untuk menguji cobakan sistem tilang elektronik (e-Tilang). Seperti yang terlampir dan telah disahkan oleh UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang lalu intas dan angkutan jalan," ujarnya kepada infonitas.com, Rabu (16/11/2016).

Nantinya, lanjut Sutomo, bagi pengendara yang melanggar akan diberikan lembar tilang warna biru. Dimana mereka hanya perlu membayar sanksi denda sesuai kesalahannya melalui Bank BRI. "Contoh pelanggar yang akan dikenakan tindak tilang biru, diantaranya yang melanggar rambu-rambu lalu lintas, menerobos traffict light, melawan arus, berhenti dan parkir sembarangan," paparnya.

Sutomo menjelaskan, uji coba sistem E-Tilang ini dimaksudkan untuk menjauhkan anggota kepolisian dari tindak pungutan liar (pungli) saat bertugas di lapangan. "Kami sudah sosialisasikan tentang sistem E-Tilang ini ke anggota. Bahkan kedepan, jika mulai diterapkan petugas polantas dapat langsung menggunakan aplikasi melalui handphone dalam mengoperasikan sistem E-Tilang ini," pungkasnya.


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya