» » Gua Bawah Air Terdalam di Dunia Ditemukan Oleh Penyelam Asal Polandia, Kedalamannya Mengejutkan!!

Gua Bawah Air Terdalam di Dunia Ditemukan Oleh Penyelam Asal Polandia, Kedalamannya Mengejutkan!!

Penulis By on Thursday, 5 January 2017 | No comments


Sekelompok penjelajah asal Polandia, berhasil menemukan gua bawah air terdalam di dunia. Gua ini ditemukan di Republik Ceko dengan kedalaman mencapai 403 meter di bawah permukaan laut. Dipimpin oleh pria bernama Krzystof Starnawski, kelompok penjelah itu menemukan gua tersebut di daerah Hranicka Propast, juga dikenal dengan sebutan Hranic Abyss, sebagaimana dilansir Travelandleisure. 

Selama 20 tahun terakhir, Starnawski telah menjelajahi berbagai tempat untuk menemukan gua bawah air terdalam di dunia. Ia dibantu oleh sebuah robot berteknologi tinggi saat melakukan aktivitasnya itu. Robot tersebut berfungsi sebagai navigasi untuk mencapai daerah yang sulit untuk dijangkau. Hal tersebut dapat disaksikan dalam video yang diunggahnya pada 2015 lalu.

Pada awal penjelajahan, Starnawski mengira bahwa kedalaman gua yang ia temukan hanya menyentuh angka 198 meter. Namun, ia berhasil menemukan sebuah lubang sempit yang mengarah ke sebuah terowongan vertikal pada 2014. 

Tahun lalu, Starnawski memutuskan untuk kembali menyelami gua tersebut, dan mendapati lubang sempit itu telah hancur sehingga dapat dimasukinya. Ia mengatakan kepada Associated Press, bahwa ia merasa seperti “Columbus dari abad ke-21” yang mempertaruhkan nyawa demi menemukan sebuah gua bawah air terdalam di dunia.


Sumber : okezone.com
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya