» » Jam 10 Pagi ! Waktu Terbaik Minum Kopi

Jam 10 Pagi ! Waktu Terbaik Minum Kopi

Penulis By on Tuesday, 10 January 2017 | No comments

   
      Kopi telah terbukti bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Tidak heran jika banyak orang yang terbiasa minum kopi di pagi hari. Namun faktanya, tidak minum kopi terlalu pagi mungkin lebih menguntungkan bagi anda. Tahukah anda kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Para ilmuwan menyatakan bahwa waktu yang paling tepat adalah antara jam 9.30 hingga 11.30 pagi

Mengapa demikian?
Hal tersebut dikarenakan kafein berinteraksi dengan hormon penting dalam tubuh, yaitu hormon kortisol, yang akan membantu meregulasi jam internal tubuh serta meningkatkan kewaspadaan.

      Secara alami, hormon kortisol tubuh normalnya berada pada titik yang tinggi sesaat setelah bangun tidur, dan akan bertahan hingga beberapa jam. Puncaknya terjadi sekitar jam 8 – 9 pagi. Neuroscientist di Uniformed Services University of the Health Sciences di Maryland, Steven Miller, mengatakan bahwa waktu minum kopi yang paling bagus adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya, yaitu setelah jam 9 pagi.

Lebih jauh lagi, dia mengatakan jika seseorang minum kopi ketika hormon tersebut masih tinggi dapat menyebabkan tubuh meningkatkan toleransi terhadap kafein, yang artinya mereka akan membutuhkan jumlah kafein yang lebih banyak setiap pagi untuk mendapatkan efek yang sama. Dengan kata lain, takaran kopi yang sama setiap paginya lama-kelamaan menjadi kurang efektif.

Hal ini seperti yang berlaku pada obat, yang diminum ketika dibutuhkan. Karena jika tidak, tubuh akan mengembangkan toleransi (resistensi) terhadap obat tersebut, sehinnga tubuh meminta dosis yang lebih besar untuk menciptakan efek yang sama.

“Ini karena produksi kortisol sangat berkaitan erat dengan tingkat kewaspadaan, dan dalam 24 jam kortisol berada di puncaknya sekitar pukul 8 – 9 pagi,” kata Miller.

Selain antara jam 8 – 9 pagi, kortisol akan mencapai puncaknya beberapa kali lagi dalam sehari, yaitu sekitar jam 12 – 13 siang, dan terakhir pada jam 18 – 19 sore. Kortisol, yang produksinya menjadi tinggi saat sedang stres, membantu mengubah cadangan energi dalam tubuh menjadi gula (glukosa), sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai bahan bakar.

Itulah mengapa ilmuwan menyarankan jika ingin minum kopi, waktu yang paling tepat adalah antara jam 9.30 – 11.30, karena kortisol dalam tubuh sedang rendah, sebelum akhirnya memuncak di siang hari. Akan tetapi, para peneliti juga mengingatkan bahwa siklus kortisol bagi setiap orang berbeda-beda. Misalnya saja pada seseorang yang terbiasa bangun lebih awal setiap harinya, maka waktu yang tepat baginya minum kopi bisa jadi lebih pagi daripada waktu yang disebutkan di atas.


Sumber : webkesehatan.com
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya